7 Tips Hilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

BAU BAWANG PUTIH – Bagi pecinta kuliner, bawang putih adalah bumbu dapur wajib yang tak tergantikan. Aromanya yang harum saat ditumis bisa menggugah selera makan. Namun, tahukah Anda bahwa aroma bawang putih yang menempel di tangan bisa jadi sangat mengganggu?

Ya, tangan yang bau bawang putih memang masalah klasik yang kerap dihadapi, terutama setelah memasak. Aroma menyengat ini bisa bertahan lama dan sulit dihilangkan dengan sabun cuci tangan biasa. Tak perlu khawatir, artikel ini akan membagikan 7 tips ampuh untuk mengusir bau bawang putih dari tangan Anda dengan mudah dan efektif!

Cara Ampuh Hilangkan Bau Bawang Putih

Cara Ampuh Hilangkan Bau Bawang Putih

1. Stainless Steel dan Garam: Duo Penetralisir Aroma

Tahukah Anda bahwa stainless steel memiliki kemampuan untuk menyerap aroma? Coba gosokkan tangan Anda yang bau bawang putih ke permukaan sendok, pisau, atau peralatan dapur stainless steel lainnya. Kombinasikan dengan sedikit garam yang bersifat abrasif untuk membantu mengangkat minyak dan sisa bawang putih yang menempel. Bilas tangan dengan air mengalir setelahnya, dan voila! Bau bawang putih pun hilang.

2. Lemon dan Kopi: Kombinasi Alami Pembasmi Bau Tak Sedap

Lemon dan kopi, dua bahan dapur yang ternyata ampuh mengatasi bau tak sedap, termasuk bau bawang putih. Asam sitrat dalam lemon dan kandungan asam dalam kopi bekerja efektif menetralisir aroma menyengat. Gosokkan irisan lemon atau bubuk kopi ke tangan Anda, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas bersih dengan air dingin. Aroma segar lemon dan kopi akan menggantikan bau bawang putih yang mengganggu.

3. Pasta Gigi: Perawatan Mulut Sekaligus Penghilang Bau Tangan

Siapa sangka pasta gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan? Kandungan mint dan zat abrasif dalam pasta gigi efektif mengangkat sisa bawang putih dan menetralisir aromanya. Oleskan pasta gigi ke tangan Anda, gosok lembut, lalu bilas dengan air mengalir. Pilih pasta gigi beraroma mint untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Baking Soda dan Air Dingin: Kombinasi Sederhana yang Ampuh

Baking soda dikenal sebagai bahan multifungsi yang berguna dalam berbagai hal, termasuk menghilangkan bau tak sedap. Buatlah pasta kental dengan mencampurkan baking soda dan sedikit air. Kemudian, aplikasikan pasta tersebut ke tangan Anda, gosok pelan-pelan, dan bilas hingga bersih. Baking soda akan membantu menyerap aroma dan minyak bawang putih yang menempel, sehingga tangan Anda kembali wangi.

5. Cuka Apel: Senjata Ampuh Lawan Aroma Menyengat

Cuka apel bukan hanya digunakan untuk salad atau masakan saja. Keasamannya juga efektif untuk menetralisir aroma bawang putih yang menempel di tangan. Campurkan cuka apel dengan air secukupnya, lalu celupkan jari-jari Anda ke dalam larutan tersebut selama beberapa menit. Bilas tangan dengan air mengalir, dan rasakan aroma segar cuka apel menggantikan bau bawang putih yang mengganggu.

6. Tomat: Penyegar Wajah Sekaligus Penghilang Bau Tangan

Tomat mengandung zat asam alami yang dapat membantu mengangkat sisa bawang putih dan menghilangkan aromanya. Iris tipis tomat dan gosokkan langsung ke tangan Anda. Selain menghilangkan bau bawang putih, tomat juga membantu melembutkan dan menyegarkan kulit tangan Anda.

7. Minyak Zaitun dan Garam: Kombinasi Hidrasi dan Penghilang Bau

Minyak zaitun memang dikenal sebagai pelembab kulit alami yang baik. Namun, tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau bawang putih? Campurkan minyak zaitun dengan sedikit garam, lalu oleskan ke tangan Anda dan gosok perlahan. Kombinasi minyak zaitun dan garam akan membantu mengangkat sisa bawang putih, menetralisir aromanya, sekaligus melembutkan kulit tangan Anda.

Tips Tambahan

  • Gunakan sarung tangan plastik saat memotong atau mengupas bawang putih untuk mencegah aromanya menempel di tangan Anda.
  • Cuci tangan secara menyeluruh setelah memasak, pastikan Anda membersihkan sela-sela jari dan bawah kuku.
  • Bilas tangan dengan air dingin, karena air panas cenderung membuat aroma bawang putih semakin melekat.

Baca Juga: Kue Kibbeh, Kudapan Mirip Pizza dari Lebanon Jadi 1 Nominasi Warisan UNESCO


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *